Jumat, 10 Februari 2012

Alasan bunda membeli Medela Swing :p

( Pernak perniknya medela swing )

( MEDELA SWING )
Medela Swing apaan sih?? itu pertanyaan orang2 yang belum pernah hamil kaya bunda dulu, Medela itu salah satu merk Breast pump yang direkomendasikan dokter. Kalau jaman dulu, jaman bunda bayi, kata mayang cuma aja breast pump manual aja.. ngga kaya jaman sekarang..

( ( Breast pump manual jadul )
Kenapa baru diceritain sekarang? bukan dari waktu hamil?? soalnya waktu hamil kan bunda alergi banget sama internet, jadi ngga bisa buka, apalagi nulis, hehehe.. jadi dijelasin aja sekarang disini..
Sebenernya banyak banget merk breast pump yang beredar diluar sana, begitu juga jenisnya, ada yang manual, electric, yang besar, yang mini, pokoknya banyak deh.
( Breast pump manual Medela )
Bunda mau ceritain alasan kenapa bunda membeli Medela swing yang harganya selangit ini, wkwkwkw..pas bunda baru melahirkan kakak Daffa, tau sendiri kan bunda menghadapi masalah :
1. Puting yang masuk, baik kanan maupun kiri ( yg kiri parah abis )
2. Kakak Daffa baru belajar menyusui

3. ASI bunda belum banyak keluar
4. Payudara bunda udah mulai bengkak2
5. Kakak anak pertama bunda,
Jadi semua yang bunda alami serba dalam "kondisi baru", bisa kebayang kan stresnya bunda??
3 hari pas kita masih di RS udah keliatan kalau kakak mulai kuning dan pada saat pulang bilirubin kakak memang sudah 13 ( normalnya 9 ), tapi Dr. Reta memberi kesempatan untuk pulang dengan catatan besok harus balik lagi ke RS untuk periksa bilirubin. dan setelah besoknya kembal
i, badan kakak udah hangat plus menguning, ternyata bilirubin kakak naik drastis sampai 21,20.. dan Dr. Reta memutuskan bahwa kakak Daffa harus disinar dengan 2 lampu, itu terjadi karena asi bunda yg baru sedikit bgt keluar jadi kakak Daffa kekurangan cairan yang menyebabkan bilirubin naik drastis.. Sebenarnya kai udah *menyiapkan* bunda sebelum masuk ruangan dokter, bahwa kemungkinan kakak daffa harus dirawat. Rasa sedih luar biasa menghampiri bunda, baru sehari kakak pulang udah harus dirawat lagi, bunda khawatir sekali, untungnya lagi, kai ( oh iya, kai itu kakek dalam bahasa banjarmasin yaaa :) ) selalu ada disamping bunda, sambil tenangin bunda *ngga apa2, kakak daffa itu kuat, pasti besok dia udah sehat lagi, bunda nya tenang aja ya*, waktu itu ayah sama mayang masih di kantor..
Sekuat tenaga bunda menahan air mata bunda dan mencegah agar air mata bunda ngga tumpah di RS, sambil cari jalan keluar gimana cara dapat asi ( saat itu bunda keukeuh banget mau kasih kakak daffa asi eksklusif ), menurut dr reta, kl bunda cari donor asi palingan butuh sekitar 300cc ( buat 10x minum ) dengan asumsi bayi nu born minumnya 30cc sekali minum, tanya di RS katanya ngga ada stock buat bayi laki2, adanya buat bayi perempuan, trus bunda keinget tante anggi, langsung bunda telp dan cerita..

( Breatpump Mini electric medela )
syukur alhamdulilah banget tante anggi masih punya stock sekitar 600ml, bunda pikir cukup dong buat 2 hari, akhirnya pulang kerumah *pake acara nangis dulu sampai ayah daffa pulang* wkwkwkwk.. trus langsung kerumah tante anggi, tante anggi sama om bobby tenangin bunda sama ayah sambil tante anggi siapin asip nya trus jelasin gimana cara pakainya, sekalian tante anggi bawain tasnya.. tante anggi juga kasih botol/dot Dr. Brown ( disitu pertama kali bunda kenal merk ini ), kata tante anggi harganya ngga murah, tapi dengan dot ini, baby tetep mau nenen sama kita, intinya ngga membuat bingung puting deh. dan di rumah tante anggi juga dikenalkan sama si Medela swing ini. Tante anggi punya beberapa breastpump, yaitu avent ( yang harganya lebih mahal ) dan medela swing, tapi tante anggi recomend medela swing, karna ngga bikin sakit dan bisa mijit payudara kita juga sebelum dipompa. jadi tuh merk udah disimpan dalam hati.
*Tante anggi dan keluarganya itu sahabat terbaik bunda sampai detik ini, dan dengan adanya kejadian ini bunda sangat amat bersyukur karena bunda mengenal mereka, tante anggi ngga selalu bertemu bunda setiap saat, tapi tante anggi selalu ada saat bunda butuh bantuan, bunda amat sangat menghargainya*
Akhirnya saat itu bunda bisa bernafas lega, setelah bunda antar asi tante anggi buat kakak daffa minum, sedih banget ngeliat kakak disinar, bunda ngga bisa peluk, air mata bunda neteeeeees terus.. tapi kata suster bunda ngga boleh sedih terus nanti malah asi nya ngga bisa keluar, bunda disuruh pulang dan istirahat biar bisa meres asi. akhirnya malam itu bunda pulang, malamnya bunda coba peras manual pakai tangan berdua ayah, 2 jam bunda peres asi sampai jam 12 malam, hasilnya bunda cuma dapat 10cc, sedih banget kaaaan???
Tapi bunda tetep yakin asi bunda bakanlan keluar lebih banyak besok pagi. dan bunda pun tidur, besok paginya bunda bilang ke mayang ttg breastpump itu, akhirnya kata mayang, kita beli aja itu breastpump, dan akhirnya taraaaaaaa.. breastpump medelanya ditangan bunda. Oh iya sebelum bunda sampe di RS, pihak KMC udah telp bunda, katanya stock asi kakak daffa tinggal 100cc, what????? katanya cukup buat 2 hari, ternyata blm ada 24 jam sudah tinggal 100 cc krn kata suster kakak daffa tuh minumnya buanyak buanget!! ampun deh.. trus bunda ke dr laktasi buat bantu memeras asi sambil cerita ke dr wati, selama di RS waktu melahirkan dr wati tiap hari yg bantu gimana cara menyusui yg bener, dan semuanya makanya dia udah tau kondisi aku, tanpa banyak ngomong dia bantu aku mijit dan meres susu baik dari medela maupun manual, dari 2 payudara dapat 30cc, langsung dibawa keatas buat nambahin stock..
Ternyata malam itu juga stock asip kakak habis dan waktu malam bunda ditelp RS bahwa kakak sudah nangis2 kehausan, bunda lagi memerah susu berdua ayah yang hasilnya cuma dapat 10cc, jd sama stock yg kmrn cuma ada 20cc, sedih banget kan :(((( .. tuh susu diantar ke RS sama kai dan mayang, bunda disuruh istirahat..
Dari RS, mayang sama kai pulang, katanya stock asipnya ngga mungkin cukup, dan jalan keluar terakhir adalah memberi sufor, bunda yang tadinya memaksa untuk memberi ASIx akhirnya memutuskan untuk memberi sufor karna saat itu, pemberian sufor adalah jalan satu2nya supaya kakak bisa berhenti menangis. dan Bunda sangat amat ngga tega melihat bayi mungil bunda menderita, sumpah, kalau bisa ditukar bunda mau banget menukar apapun biar kakak daffa bisa kembali sehat. Keputusan bunda didukung oleh ayah mu, mayang kai dan semua keluarga, berikan apapun yang terbaik untuk anakmu.. itu kata mereka..
AKhirnya setelah 3 hari, bilirubin kakak sudah 7,40 dan bisa pulang. alhamdulilah,, senangnya bunda dan ayah.. Bunda tidak pernah menyesali semua keputusan yang pernah bunda buat saat itu selama itu buat kebaikan kakak. Bunda tutup kuping aja saat itu sama semua omongan yang membuat bunda down karna memberi kakak sufor, toh mereka semua ngga membantu bunda, ngga juga mengalami kondisi yang bunda alami saat itu. jadi buat bunda dan keluarga, itulah keputusan terbaik yang bunda dan ayah putuskan saat itu buat buah hati kami :))).
Selama beberapa waktu pakai medela swing, luar biasa membantu bunda menghadapi masa masa menyusui di tahap awal apalagi ini pertama kalinya buat bunda menghadapi masalah kaya gini, ngga cape meres pakai tangan, bisa dipijit dulu, mesinnya terpisah dari botol, pokoknya big applause deh buat medela swing. Oh iya buat info, waktu aku beli di bulan september 2011 harganya Rp.1,750,000, ngga murah kan??? tapi saat itu sangat membantu banget2, jadi buat yang belum punya, kalau kemahalan belinya mendingan minjem aja, wkwkwkwk..

Rgds,
Andini Apple

Tidak ada komentar:

Posting Komentar