Jumat, 10 Februari 2012

Peralatan Menyusui buat si Puting Flat/Masuk

Hehehe.. judulnya sedih bener.. tapi Bunda bener2 pingin share peralatan perang Bunda waktu pertama belajar menyusui, biar siapaun yg alamanin masalah kaya bunda bisa ngatasin juga :).. oh iya, untuk diketahui, kondisi puting Bunda sebelah kanan bisa keluar tapi pecah2 tidak sempurna, Kakak Daffa hanya mau menyusui dari PD kanan saja, puting kiri bener2 masuk kedalam sehingga Kakak Daffa sama sekali ngga bisa menyusui dari PD Kiri, jd diperes aja deh.. Kondisi seperti ini bukan hal yang mudah untuk memulai menyusui apalagi kalau anak pertama dan laki laki dimana kl bayi laki2 minumnya semangat banget dan lebih ngga sabar dibanding bayi perempuan.. tapi bukan berarti ngga bisa menyusui yaaa..
Bunda udah dipijat selama hamil dan sampai melahirkan juga pijat payudara, sampai ahlinya bilang buat puting kiri ya *ini mah udah masuk bener, udah ngga mungkin bange
t keluar lagi putingnya, emang udah cetakannya* wkwkwkwk.. ya sudahlah, diterima aja dengan ikhlas kondisi ini.. emang harus begini kok jalannya..
Nah ini nih peralatan perang yang bisa membantu *meringankan* tugas menyusui ibu yang punya puting flat/datar /masuk ( ini semua yg kupakai di awal yaaaa.. ) :

1. Medela Nipple Former
Seharusnya ini dipakai sebelum melahirkan, jd kalau putingnya masuk bisa dibentuk pakai ini jd posisinya lobang yg ditengah ditaruh ditengah puting trus kita pakai Bra, jd posisinya didalam bra, tapi berhubung udah telat tetep aja dipakai pas abis lahiran, direkomendasi sama Dr. Laktasi KMC ( Dr. Annisa ), harganya kurang bersahabat, aga lupa antara Rp.423,000 atau Rp.324,000 gitu deh di bulan September 2012, hehehe.. 1 kotak isinya sepasang buat PD kanan dan kiri :), ya iyalah..
So far, berhasil membantu puting kanan bunda keluar, kalau dipakai lebih lama mungkin puting kiri bunda juga bisa keluar lama2, mau dipraktekin kl nanti hamil lagi, wkwkwk..

2.Pigeon Nipple Puller


Nah kalau ini fungsinya biar puting kita keluar pas mau menyusui, tapi kadang2 susu kita juga bisa ikut keluar, hahahaha.. suka aga2 nyeri dikit sih, tapi helpfully lah :)

3. Nipple Shield



Atau bisa dikenal penyambung puting, ngga gampang juga pakai ini, secara suka lepas lepas, apalagi kalau baru belajar. bentuknya seperti puting diujungnya ada lubang2nya buat air susunya keluar, berguna juga loh kalau pakai ini pas puting lagi lecet, jadi lidah baby ngga langsung kena ke puting kita, secara kl lagi luka kan perih abis. ngga semua baby juga suka, awal2 Kakak Daffa mah ngga doyan, dilepeh terus, sambil ngeliatin bunda sambil mikir "apaan sih ni??", tapi lama lama biasa juga dia, tapi cuma sampai 3 bulan aja, setelah puting kanan aga keluar, udah deh dia ngga mau pake lagi nipplenya, maunya langsung aja nenen ke PD, dulu kl pake yg kiri masih mau kl pakai nipple, skr sih udah ngga, tapi sekali lagi bunda sampaikan, bahwa benda benda ini amat sangat membantu bunda di awal masa menyusui kakak Daffa, jadi pasti bunda simpan, biar bisa dipakai kl hamil lagi *Niat* hahahahaha.. waktu di KMC dipinjemin punya Dr Wati merk Medela, dirumah punya merk Pigeon sama NUK ,, Kakak Daffa paling suka pakai keluaran Pigeon.

Rgds,
Andini Apple

4 komentar:

  1. Mom mau tny, brp lama pakai nipple shield? Apa asinya berkurang?

    BalasHapus
  2. Bunda mau tanya, kalo memakai nipple puller selama hamil paling lama berapa menit/jam ya?

    BalasHapus
  3. Bunda mau tanya, kalo memakai nipple puller selama hamil paling lama berapa menit/jam ya?

    BalasHapus
  4. Bun ank asya umur 5bulan soalnya saya menyusui pnyudra kiri doang.sya pgin beli puting buat yg knan

    BalasHapus